Kamis, 06 Oktober 2011

Menggunakan Drupal Ubercart


1. Setelah xampp selesai di instal , selanjutnya masuk pada proses instalasi drupal, prosesnya sebagai berikut :
Untuk XAMPP,kita harus meletakkan Folder Drupal di dalam Folder yang namanya : HTTDOC.


2.Setelah proses ekstrak selesai, buatlah database terlebih dahulu dengan cara Buka phpMyAdmin, klik http://localhost/phpmyadmin/ pada
browser sehingga tampak seperti gambar berikut:


3. SeteIah selsai pembuatan database akan muncul tampilan berikut


4.salin file /sites/default/default.settings.php dan paste ke /sites/default/settings.php


5.kemudian masuk ke http://localhost/drupal-6.20


6.   Maka anda akan ditujukan pada halaman data base configuration
Menjalankan Drupal Pertama Kali


Menjalankan Drupal Pertama Kali
Setelah anda menginstal Drupal seperti yang ditunjukkan pada langkah-langkah di atas maka kita sudah siap untuk mulai mengatur website kita pertama kali. Ada 2 hal yang harus anda lakukan agar
1.       Apabila  Muncul error berikut: “warning: mail() [function.mail]: SMTP server response: 530 POP authenticate before sending emails. in C:\wamp\www\drupal-test\includes\common.inc on 12 Membuat Website Profesional Dengan Drupal line 1970.”, abaikan saja karena memang kita tidak menginstal SMTP pada localhost.


Masuklah menggunakan username dan password yang telah kita buat tadi.
Misalnya kita ingin membuat konten dengan tipe Page, maka Klik pada link Page
      Page vs Story Pengguna Drupal seringkali bingung mengenai perbedaan antara Page dan Story ini. Secara teknis benar-benar tidak ada perbedaan antara konten dengan tipe Page dan Story. kedua tipe ini hanyalah dimaksudkan untuk membedakan isi kontennya saja. Page umumnya dipakai untuk halaman informasi semacam berita sedangkan Story dipakai untuk halaman yang berisi cerita. Kedua tipe ini ada secara default hanya untuk menunjukkan bahwa Drupal mampu membuat konten tipe yang berbeda. Anda juga bisa membuat konten tipe baru dengan nama Produk untuk menempatkan semua produk anda di konten tipe ini. Inilah salah satu keunggulan Drupal!
Isi bagian Title dan Body. Bagian “Log message” dipakai untuk mencatat perubahan yang anda lakukan jika anda mengedit sebuah konten, sehingga hal ini akan memudahkan control anda terhadap berbagai versi dokumen (versioning) mengenali perubahan apa yang dilakukan terutama jika yang mengedit dokumen ini lebih dari 1 orang (anda dapat juga membatasi agar konten tipe tertentu hanya dapat diubah oleh group tertentu saja).
PENTING! Klik “Publishing options” dan cawang/tanda (checked) bagian “Promoted to front page” kemudian klik Submit. Sekali lagi bagian “Promoted to front page” harus anda cawang.








0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons