Rabu, 05 Oktober 2011

Pemograman Visual C++ Builder


Program aplikasi berbasis Microsoft Windows mempunyai antarmuka grafis yang dikenal sebagai GUI (Graphical User Interface). GUI menjadikan tampilan program lebih user friendly. Jika di bandingkan dengan tampilan program berbasis DOS yang dipenuhi dengan perintah-perintah dalam bentuk teks, program dengan GUI lebih mudah digunakan. Hal ini disebabkan antar muka grafis menyajikan objek dalam tampilan program bagaikan objek fisik sebenarnya.
Untuk menguasai pemograman visual pengetahuan dasar mengenai operasi standar harus sudah dikuasai, seperti membuka, menutup, memindahkan, mengubah ukuran suatu windows, dan operasi standar lainnnya.
URUTAN LANGKAH PEMOGRAMAN VISUAL DAN FILE-FILE YANG DIHASILKAN 
                Pada dasarnya tujuan akhir memrogram adalah menghasilkan sebuah program aplikasi berbentik file yang dapat dieksekusi (executable file  yang berekstensi exe) dari MS-DOS prompt, Windows Eksplorer atau meu Run pada MS Windows. Pemograman harus melakukan serangkaian langkah untuk menyusun komponene-komponen penyususun program yang tersimpan dalam sejumlah file exe dari sejumlah file source code disebut dengan komplikasi. Penggunaan C++ Builder akan memepermudah proses komplikasi ini, karena proses ini sudah dilakukan C++ Builder secara langsung pada saat pemrogram melakukan running terhadap source code.
                Secara rinci urutan langkah pemograman visual adalah sebagai berikut :
a.       Menyiapkan komponen penyusun form atau membuat obyek dalam form secara visual. Penagturan setiap obyek bisa dilakukan secara visual atau dengan mengubah propertinya pada windows Object Inspektor. Hasil dari langkah ini adalah sebuah file berekstensi sebuah file dfm.

b.      Mengidentifikasi event terhadap objek-objek tertentu yang dirasa perlu ditangani dan menysusunnya sebagai sebuah file unit dengan ekstensi cpp (c plus plus). File unit ini dengan sendirinya tersimpan pada rancangan form didimpan sebagai file dfm.


c.       Mengkomplikasi program. Ada beberapa cara untuk melakukan proses ini, yaitu dengan menekan tombol ToolBar Run, bisa juga dilakukkan dengan menekan tombol F9 atau dengan menggunakan menu Run|Run. Hasil komplikasi ini adalah sebuah file exe dengan nama yang sama dengan nama file proyek yang dibuat pada saat source code pertama kali disimpan. Nama file proyek berektensi bpr (C++Builder Project file) dan bpf.



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons